. Pengertian dan Dampak Pencemaran Lingkungan Bagi Makhluk Hidup - Kang Nulis -->
Banner IDwebhost

Pengertian dan Dampak Pencemaran Lingkungan Bagi Makhluk Hidup

Dampak Pencemaran Lingkungan Bagi Makhluk Hidup kini menjadi isu yang sangat hangat di berbagai negara. Pasalnya keadaan bumi kini semakin kritis dengan banyak digunakannya lahan hijau sebagai kawasan industri dan perumahan. Sistem penyaring udara di perkotaan kini semakin berkurang dan pencemaran air yang mengakibatkan banjir pun tidak bisa untuk ditolak lagi.

Disini, kita belajar mengetahui, dan menganalisa apa sebenarnya dampak yang akan terjadi lebih parah jika keadaan lingkungan kita benar-benar tercemar dan menjadi sangat kotor.
Pengertian dan Dampak Pencemaran Lingkungan Bagi Makhluk Hidup
Pencemaran Lingkungan bagi makhluk hidup

Artikel singkat ini akan membahas segala sesuatu yang berhubungan dengan pencemaran. Untuk anda yang masih berada di bangku sekolah dan kuliah, semoga artikel ini berguna menyelesaikan tugas-tugas mata pelajaran IPA dan lingkungan hidup dari guru atau dosen anda.

Pengertian Pencemaran Lingkungan

Pencemaran lingkungan atau polusi adalah perubahan pada lingkungan yang tidak dikehendaki karena dapat memengaruhi kegiatan, kesehatan dan keselamatan makhluk hidup.

Secara keseluruhan Pencemaran lingkungan meliputi pencemaran udara, air, dan tanah. Bagaimana pencemaran dapat terjadi? Apa dan bagaimana usaha kita untuk mencegah dan menanggulangi akibat pencemaran yang terjadi tersebut?

Dalam konteks pemenuhan kebutuhan, manusia memanfaatkan sumber daya alam yang tersedia. Akan tetapi, seringkali pemanfaatan sumber daya alam tidak memperhatikan keseimbangan lingkungan. Akibatnya timbulah pencemaran dan kerusakan lingkungan yang berakibat fatal bagi makhluk hidup.

Sebagai contoh kita ambil sebuah tempat yaitu kawasan industri, kamu akan melihat pabrik-pabrik mengeluarkan asap hitam dari cerobong pabrik. Asap tersebut mengandung racun sehingga lingkungan yang alami dapat berubah akibat racun asap tersebut. Selain asap, pabrik menghasilkan limbah cair yang dibuang ke sungai. Apabila cairan yang dibuang tidak memenuhi standar baku mutu lingkungan maka akan menyebabkan pencemaran air.

Untuk lebih jelasnya anda bisa baca tentang pencemaran air dalam artikel ini.

Jenis dan Macam Pencemaran Lingkungan

Pencemaran lingkungan tentunya sangat tidak kita harapkan terjadi. Karena bsia menimbulkan dampak yang sangat banyak dan dahsyat bagi kehidupan manusia. Namun kita mesti mempelajari dan mengetahui beberapa faktor penyebab dalam pencemaran lingkungan antara lain jenis dan macam pencemaran lingkungan.
  • Pencemaran Udara

  • Pencemaran udara biasanya terjadi akibat pembakaran bahan bakar pada kendaraan bermotor dan gas buangan pabrik. Beberapa jenis polutan yang sering mencemari udara, antara lain karbon monoksida (CO2), senyawa nitrogen, senyawa belerang, klorofluorokarbon (CFC) dan partikel debu.
  • Pencemaran Tanah

  • Jenis yang kedua adalah Pencemaran tanah. pencemaran ini dapat diakibatkan oleh aktivitas pembuangan sampah yang tidak dikelola dengan baik, adanya kebocoran limbah cair dari industri dan rumah sakit, serta tumpahan minyak, zat kimia dan limbah merupakan faktor-faktor yang bisa menyebabkan pencemaran ini terjadi.
  • Pencemaran Air

  • Jika anda sudah membaca pencemaran air pada link diatas, maka saya simpulkan sedikit saja mengenai pembahasan pada artikel tersebut. Pencemaran air berarti air dalam kondisi diatas batas normal. Polusi pada air terjadi jika polutan masuk kedalam lingkungan air dan melakukan pencemaran. Polutan tersebut antara lain minyak, limbah cair industri, limbah rumah tangga.
  • Hujan Asam

  • Pengertian hujan asam adalah udara yang tercemar oleh gas sulfur dioksida (SO2), sulfur trioksida (SO3), nitrogen monoksida (NO), dan nitrogen dioksida (NO2) dapat menyebabkan hujan asam.

    Apabila gas-gas tersebut larut dalam air hujan, maka pembentukan senyawa-senyawa asam tidak dapat dihindari. Hujan asam yang turun ke permukaan bumi dapat menyebabkan kerusakan pada beberapa bagianunsur bumi yaitu pengikisan kesuburan tanah, kematian tanaman pertanian, perkaratan logam, dan kerusakan bangunan.
    Pengertian dan Dampak Pencemaran Lingkungan Bagi Makhluk Hidup
    Polusi udara sebagai sumber pencemaran lingkungan

    Dampak Pencemaran Lingkungan Bagi Makhluk Hidup

    Dilansir dari Artikel Sains bahwa ada 5 dampak besar yang ditimbulkan dari pencemaran lingkungan. Berikut penjelasannya:

    1. Keracunan dan Penyakit

    Bahan pangan seperti padi, jagung, sayuran, buah-buahan, ikan, dan daging yang sudah tercemar, apabila dikonsumsi manusia maka orang yang memakannya dapat mengalami gangguan yaitu keracunan makanan dan bahkan kematian. Jika orang yang mengkonsumsi bahan makanan yang tercemar memiliki daya tahan tubuh tinggi, orang tersebut hanya mengalami gangguan keracunan dan dapat disembuhkan. Tetapi orang yang peka atau memiliki daya tahan tubuh rendah bila mengalami gangguan keracunan bisa berakibat fatal, bahkan dapat mengakibatkan kematian.

    2. Punah dan Tak Terkendalinya Perkembangan Species

    Sebagaimana telah kita ketahui bersama, bahwa dampak dari pencemaran dapat mengakibatkan gangguan keracunan bahkan sampai kematian dan penyebab timbulnya penyakit pada makhluk hidup. Setiap jenis makhluk hidup memiliki daya tahan atau kekebalan yang berbedabeda terhadap pencernaan, ada yang peka dan ada yang tahan. Pada umumnya makhluk hidup yang masih dalam perkembangan fase larva atau fase muda bersifat peka (rentan) terhadap pencemaran, sehingga banyak yang mati, sehingga species makhluk hidup tersebut bisa punah. Tetapi, makhluk hidup yang sudah mencapai perkembangan pada fase dewasa akan mempunyai daya tahan terhadap pencemaran, ada sebagian yang mati keracunan dan sebagian yang lain masih bertahan hidup.

    Apabila yang masih bertahan hidup terus-menerus terkena bahan pencemar akan menjadi kebal sehingga akan terjadi ledakan perkembangan jenis makhluk hidup itu yang semakin tak terkendali. Contohnya, sering kita dengar banyak petani yang gagal panen karena terjadi ledakan perkembangan populasi wereng cokelat tak terkendali yang menyerang, merusak, dan memusnahkan tanaman padi. Pemakaian pestisida yang secara terus menerus dan berlebihan dapat menyebabkan telur-telur burung hantu menjadi rusak, sehingga gagal berkembang (deformasi) menetas menjadi burung. Apabila semua telur misalnya telur burung hantu mengalami deformasi, tidak tertutup kemungkinan beberapa tahun mendatang jenis burung tersebut punah.

    3. Gangguan Keseimbangan Lingkungan

    Contoh kasus punahnya burung hantu karena telur-telurnya mengalami deformasi merupakan akibat dari gangguan pencemaran. Apabila pada suatu ekosistem salah satu komponennya rusak, maka akan menggangu fungsi komponen yang lain dan mengakibatkan keseimbangan ekosistem terganggu. Padahal setiap jenis makhluk hidup di dalam ekosistem mempunyai fungsi masing-masing, ada yang bertindak sebagai produsen, konsumen I, konsumen II. Apabila salah satu fungsi tersebut terganggu, maka dapat mengganggu fungsi yang lain. Hal itu dapat dibuktikan, pada saat ini sangat sulit kita temukan burung hantu yang terbang di persawahan atau bertengger di pohon kelapa yang sedang mencari mangsanya (tikus).

    Telah dijelaskan sebelumnya, bahwa salah satu sebab punahnya burung hantu itu karena telur-telurnya mengalami deformasi. Semakin berkurangnya populasi burung hantu akan menyebabkan populasi tikus berkembang menjadi sangat pesat dan tak terkendali karena jumlah pemangsa (predator) burung hantu semakin sedikit dan tidak seimbang dengan perkembangan tikus. Ledakan perkembangan tikus yang tak terkendali, jika menyerang akan merusak dan menghancurkan tanaman padi, dapat menyebabkan petani gagal panen karena adanya gangguan keseimbangan lingkungannya. Jika hal tersebut dibiarkan terus dan semakin meluas ke tempat lain, bagaimana dengan penyediaan bahan pangan untuk kebutuhan manusia? Coba pikirkan!

    4. Pemekatan Hayati

    Coba Anda pikirkan apabila suatu perairan tercemar oleh bahan beracun. Bahan beracun itu dapat meresap ke dalam tubuh, alga, atau mikroorganisme lainnya. Selanjutnya, ikan-ikan akan memakan alga itu dan ikan besar akan memakan ikan yang kecil.

    Apabila ikan-ikan tersebut ditangkap oleh manusia dan dimakan, maka bahan beracun tersebut akan masuk ke dalam tubuh manusia. Ikan kecil yang makan alga tidak hanya satu, tetapi banyak sel alga. Dengan demikian, ikan kecil itu sudah mengandung bahan beracun yang banyak. Demikian juga dengan ikan besar akan memakan ikan kecil tidak hanya satu, makin banyak memakan ikan-ikan kecil, maka makin banyak bahan pencemar yang masuk tubuh ikan besar. Bagaimana dengan tubuh manusia jika sering makan ikan yang beracun tersebut? Diskusikan dengan kelompok Anda! Proses peningkatan kadar bahan pencemar yang melewati tubuh makhluk hidup dinamakan pemekatan hayati (amnalgamasiasi).

    5. Terbentuknya Lubang Ozon dan Efek Rumah Kaca

    Saat ini permasalahan lubang ozon dan terjadinya efek rumah kaca di bumi sangat kita rasakan. Ozon sangat bermanfaat bagi kehidupan, baik tumbuhan, hewan, maupun manusia karena ozon bersifat melindungi makhluk hidup dari sinar ultraviolet yang mematikan. Ozon terbentuk dari oksigen dengan bantuan sinar ultraviolet. Bagaimana jika lubang ozon semakin lama semakin bertambah besar yang diakibatkan oleh meningkatnya bahan pencemar?

    Gas karbon dioksida dapat menyebabkan efek rumah kaca. Gas ini berasal dari asap pabrik, mesin-mesin kendaraan, kegiatan pembakaran. Apabila CO2 ini semakin meningkat dan tidak segera diubah menjadi oksigen oleh tumbuhan akibat banyak hutan yang dibakar oleh manusia, maka asapnya akan mengakibatkan terbentuknya efek rumah kaca. Dengan banyaknya gas polutan ini beberapa ahli meramalkan keadaan di bumi akan semakin panas akibat dari efek rumah kaca tersebut. Atmosfer bumi yang berubah menjadi rumah kaca menahan pantulan sebagian energi matahari yang keluar angkasa, sehingga akan membuat permukaan bumi menjadi panas.

    Sekian tulisan lengkap Pengertian dan Dampak Pencemaran Lingkungan Bagi Makhluk Hidup yang bisa Kampung Rumasa sajikan, semoga bisa membantu anda. Terima kasih, jangan lupa untuk Klik Tombol Share yah dibawah artikel ini.
    logo
    Kenalan Langsung Dengan Saya di Sosial Media.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Subscribe Our Newsletter

    Related Posts

    Buka Komentar
    Tutup Komentar

    Belum ada Komentar untuk "Pengertian dan Dampak Pencemaran Lingkungan Bagi Makhluk Hidup"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel