. Contoh Pidato Terbaru Tentang Pencemaran Lingkungan - Kang Nulis -->
Banner IDwebhost

Contoh Pidato Terbaru Tentang Pencemaran Lingkungan

Contoh Pidato Terbaru Tentang Pencemaran Lingkungan | Isu lingkungan menjadi sorotan yang sedang hangat baik di Indonesia maupun dunia. Bila beberapa bulan terakhir kita dikejutkan dengan banyaknya lahan hutan gambut yang terbakar di Sumatera dan Kalimantan, kita juga mendengan bahwa kutub es mengalami pencairang yang sangat cepat di kutub utara, serta panas matahari yang sudah terasa melebihi suhunya dari biasa.
Contoh pidato pencemaran lingkungan

Hal tersebut baiknya disampaikan pada semua orang, dalam orasi aksi lingkungan misalnya yang mneyoroti tentang hutan atau dalam pidato di kelas sebagai bahan tugas mata pelajaran bahasa Indonesia. Berikut kami buatkan Contoh Pidato Terbaru Tentang Pencemaran Lingkungan yang hangat menjadi sorotan global.

Contoh Pidato Pertama
Assalamualaikum Wr... Wb...
Salam sejahtera untuk kita semua.
Pertama-tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat ALLAH SWT atas kehadiratnya kita diberi kesehatan sehingga kita dapat berkumpul di tempat ini.
Bapak guru yang saya hormati dan teman-teman yang saya banggakan. Pidato singkat saya bawakan pada kesempatan ini adalah tentang “PENCEMARAN LINGKUNGAN”

Dimana kita ketahui bahwa kebersihan lingkungan sangatlah penting. Karena dengan lingkungan yang bersih hidup kita akan sehat dan terhindar dari penyakit. Tapi dibalik semua itu lingkungan kita banyak yang tercemar, semua itu adalah ulah manusia itu sendiri. Mereka tidak menyadari bahwa banyak lingkungan yang tercemar akibat aktifitas yang tidak disadari.

Pada awal sejarah manusia, sifat dan ragam pencemaran yang dilakukan manusia adalah sederhana.Jenis zat atau senyawa yang terlihat di dalam masalah ini tidak terlalu kompleks.Peningkatan jumlah penduduk yang disertai peningkatan kemajuan teknologi, mempengaruhi juga sifat dan ragam pencemaran.Pencemaran yang dialami pada masa-masa lalu umumnya kurang bersifat fatal.Tidak demikian dengan sifat dan ragam pencemaran masa sekarang ini.Banyak pencemaran yang bersifat fatal terhadap makhluk hidup, dan banyak juga pencemaran yang bersifat secara lambat-lambat mematikan terhadap manusia.

Pencemaran lingkungan dapat meliputi, pencemaran udara, pencemaran tanah, dan pencemaran air. Nah, pencemaran udara terjadi karena banyak kendaraan bermotor, pembakaran hutan, letusan gunung berapi, asap rokok, dan lain-lain. pencemaran udara juga dapat berakibat fatal bagi kesehatan kita, dan bumi kita. Yang ke-2 adalah pencemarantanah terjadi akibat ulah manusia yang membuang sampah pada tanah khususnya sampah rumah tangga. Sampah rumah tangga yang dibuang ke tanah tidak dapat diurai oleh tanah. Kemudian, pencemaran air, pencemaran air terjadi karena pembuangan limbah ke sungai ataupun air laut, dan pembuangan sampah sembarangan pada sungai, pembuangan-pembungan sampah inilah yang berakibat fatal bagi sungai dan air laut dan berdampak pada manusia itu sendiri. Misalnya pembuangan sampah rumah tangga yang berlebihan ke sungai dapatmenyebabkan banjir dan pembuangan limbah ke air dapt menyebabkan ekosistem air akan mati.

Teman-teman sekalian marilah kita menjaga lingkungan kita dengan baik, agar bumi kita tetap terjaga, sayangilah bumi kita agar generasi berikutnya bisa menikmati indahnya bimi kita. Sadarlah dengan aktivitas yang kita lakukan karen kita tidak menyadari bahwa kita telah mncemari lingkungan kita, belajarlah hidup sehat agar tubuh kita terhindar dari penyakit. Lingkungan yang tercemari dapat berakibat fatal bagi kesehatan kita. Ayo kita melakukan kegiatan go green agar generasi berikutnya dapat menikmati indahnya bumi.

Mungkin itu saja pidato singkat saya, tentang  “PENCEMARAN LINGKUNGAN”  kurang dan lebihnya saya mohon maaf,
Wabilahi taufik walhidayah
Wassalamuaikum Wr... Wb...
Contoh Pidato Kedua
 Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Yang terhormat, Ibu guru dan rekan-rekan yang saya cintai dan saya banggakan

Mari kita panjatkan puji dan syukur kepada Allah SWT, karena atas kehadirat illahi rabbi kita dapat berkumpul disini dalam waktu dan keadaan yang baik. Tak lupa salawat serta salam mari kita limpahkan kepada junjunan kita yaitu Nabi Besar Muhammad SAW. Dan tak lupa juga kami dan saya khususnya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya pada panitia yang telah menyelenggarakan acara ini.

Topik yang ingin saya sampaikan dalam pidato ini adalah pencemaran lingkungan yang sangat perlu kita ketahui.

Rekan-rekan yang saya banggakan,

Polusi atau pencemaran lingkungan adalah masuknya atau dimasukkannya makhluk hidup, zat energi, dan atau komponen lain ke dalam lingkungan, atau berubahnya tatanan lingkungan oleh kegiatan manusia atau oleh proses alam sehingga kualitas lingkungan turun sampai ke tingkat  tertentu yang menyebabkan lingkungan menjadi kurang atau tidak dapat berfungsi lagi sesuai dengan peruntukannya. Pencemaran disebabkan oleh pembuangan secara sembarangan baik limbah maupun sampah, asap pembakaran dan barang-barang yang dapat menyebabkan pencemaran udara lainnya. Akibat dari proses kimia ini, tak hanya menimbulkan penyakit seperti kanker tetapi juga menyebabkan lapisan ozon yang berfungsi menyerap radiasi sinar matahari menjadi rusak dan menipis sehingga mengakibatkan suhu bumi menjadi naik drastis. Menurut BMG (Badan Metereologi dan Geofisika) dalam periode 2005-2010 terjadi kenaikan 10 celcius. Selain itu, memiliki dampak yang sangat buruk bagi lingkungan, seperti naiknya air laut karena penurunan daratan Kutub utara, banjir, hujan asam, dan lain sebagainya.

Terdapat berbagai cara untuk mencegah pencemaran, yaitu dengan reboisasi atau penghijauan kembali, pembuatan taman kota, dan larangan pembuangan disembarang tempat yang harus lebih diperketat perundang-undangannya. Tak lupa kita harus menjaga lingkungan mulai dari hal-hal yang terkecil seperti menggunakan pendingin anti CFC, tidak melakukan penebangan atau pembakaran pohon-pohon secara illegal, dan jika anda seorang perokok, merokoklah pada tempat yang telah disediakan.

Keimpulannya, marilah kita jaga dunia ini agar tetap indah dan nyaman, dimulai dari mengurangi aktifitas-aktifitas yang dapat merusak lingkungan. Karena lingkungan yang bersih adalah lingkungan yang nyaman dan indah. Jika anda menjaga lingkungan, hidup indah dan bersih bukanlah impian lagi.

Cukup sekian yang bisa saya sampaikan, mohon maaf bila ada tutur kata yang salah dan tidak berkenan. Semoga kehadiran kita pada acara ini mendapat rahmat serta karunia-Nya, dan semoga pidato hari ini dapat dijadikan acuan agar kita bisa menjadi lebih baik.

Burung Irian
Burung Melayu
Cukup sekian
Dan tarathank you

Wabillahitaufik walhidayah wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Contoh Pidato Ketiga


Assalammualaikum Warohmatrulohi Wabarokatuh.

Yang saya hormati Bapak Kepala Sekolah SMP NEGERI HARAPAN. Bapak ibu guru dan para Staf SMP NEGERI HARAPAN yang saya hormati. Serta hadirin yang sedang berbahagia.

Mari kita panjatkan puji dan syukur kepada Allah Swt. Atas rahmat dan hidayah-Nya kita dapat berkumpul disini dengan keadaan sehat walafiat. Pada hari ini saya akan menyampaikan pidato tentang Pencemaran Lingkungan.

Pencemaran udara (pencemaran yang terjadi dilingkungan udara), pencemaran ini seperti, folusi udara yang di akibatkan gas buang kendaraan bermotor, asap-asap pembakaran sampah, asap-asap pada cerobong perusahaan, dan gas buang AC. Pencemaran ini kebanyakan di akibatkan karena pengaruh negatif teknologi. Akibat dari pencemaran ini pastinya banyak penyakit-penyakit baru yang di karenakan bahan-bahan kimia yang terdapat pada alat teknologi tersebut Cara menanggulangi dan mengurangi pencemaran udara tersebut caranya sangatlah mudah sekali yaitu, pasti dengan mengurangi penggunaan teknologi yang mengeluarkan gas-gas buang/asap yang di dalamnya terdapat bahan-bahan/zat-zat kimia yang banyak pengaruh negatifnya.lebih baik kita menggunakan alat-alat tradisional dan alat-alat teknologi yang tidak terlalu atau tidak sama sekali ada zat-zat kimianya.

Pencemaran tanah (pencemaran merusak lingkungan di tanah), pencemaran ini seperti, sampah-sampah yang berserakan di TPS, dedaunan kering yang berserakan, dan sebagainya. Pencemaran ini sebenarnya hanya sedikit akibat negatifnya, akan tetapi tanah yang telah tercemar kelihatan kotor dan juga membuat udara kita tidak sejuk lagi. Cara menanggulangi dan mengurangi pencemaran ini pasti kita semua telah tau dan sangat mudah di lakukan. Salah satunya seperti, membuang sampah pada tempatnya membuangnya pun bukan hanya ke dalam satu tempat tetapi tiga bak tempat pembuangan sampah yaitu, sampah organik, sampah plastik, dan sampah kertas. Menguranginya pun juga bisa dengan cara membuat pupuk kompos dari sampah organik, mendaur ulang dari sampah plastik dan sampah kertas.

Pencemaran air (pencemaran ini yang membuat kotor lingkungan di air), pencemaran ini seperti, limbah-limbah pabrik yang di buang sembarangan ke sungai atau di laut, sampah-sampah yang di buang sembarangan di aliran sungai, dan sebagainya. Pencemaran ini banyak sekali sisi negatifnya, bukan hanya membuat sungainya jadi kelihatan kotor tetapi, pengunaan air pada sungai tersebut berkurang.

Cara menanggulangi dan mengurangi pencemaran ini, jika pada limbah-limbah pabrik yang dibuang sembarangan ke aliran sungai atau laut adalah dengan cara, membuat aliran parit/selokan milik perusahaan itu sendiri agar di fungsikan sebagai menyalurkan limbah-limbah pabrik tersebut tetapi tidak alirkan ke sungai. Jika sampah-sampah yang berserakan di aliran sungai yaitu dengan cara, jangan lagi membuang sampah di aliran sungai atau pun laut. Dampak dari pencemaran lingkungan ini bisa banjir, polusi udara yang tidak baik untuk kesehatan dan lain-lain.
Kesimpulannya adalah mari kita jaga lingkungan kita dan selalu menjaga kebersihan lingkungan kita.
Mohon maaf jika bila ada salah kata mohon dimaafkan.
Sekian dari saya.
Wassalamualaikum Warohmatulohi Wabarokatuh.
Itulah 3 Contoh Pidato Terbaru Tentang Pencemaran Lingkungan yang bisa kami berikan untuk anda, semoga bisa bermanfaat. Untuk beberapa kondisi, bisa menyesuaikan dan silakan teksnya bisa anda rubah juga sesuai keinginan anda. Jika berkenan, silakan berkomentar dibawah postingan ini ya.
Assalammualaikum Warohmatrulohi Wabarokatuh. Yang saya hormati Bapak Kepala Sekolah SMP NEGERI HARAPAN. Bapak ibu guru dan para Staf SMP NEGERI HARAPAN yang saya hormati. Serta hadirin yang sedang berbahagia. Mari kita panjatkan puji dan syukur kepada Allah Swt. Atas rahmat dan hidayah-Nya kita dapat berkumpul disini dengan keadaan sehat walafiat. Pada hari ini saya akan menyampaikan pidato tentang Pencemaran Lingkungan. Pencemaran udara (pencemaran yang terjadi dilingkungan udara), pencemaran ini seperti, folusi udara yang di akibatkan gas buang kendaraan bermotor, asap-asap pembakaran sampah, asap-asap pada cerobong perusahaan, dan gas buang AC. Pencemaran ini kebanyakan di akibatkan karena pengaruh negatif teknologi. Akibat dari pencemaran ini pastinya banyak penyakit-penyakit baru yang di karenakan bahan-bahan kimia yang terdapat pada alat teknologi tersebut Cara menanggulangi dan mengurangi pencemaran udara tersebut caranya sangatlah mudah sekali yaitu, pasti dengan mengurangi penggunaan teknologi yang mengeluarkan gas-gas buang/asap yang di dalamnya terdapat bahan-bahan/zat-zat kimia yang banyak pengaruh negatifnya.lebih baik kita menggunakan alat-alat tradisional dan alat-alat teknologi yang tidak terlalu atau tidak sama sekali ada zat-zat kimianya. Pencemaran tanah (pencemaran merusak lingkungan di tanah), pencemaran ini seperti, sampah-sampah yang berserakan di TPS, dedaunan kering yang berserakan, dan sebagainya. Pencemaran ini sebenarnya hanya sedikit akibat negatifnya, akan tetapi tanah yang telah tercemar kelihatan kotor dan juga membuat udara kita tidak sejuk lagi. Cara menanggulangi dan mengurangi pencemaran ini pasti kita semua telah tau dan sangat mudah di lakukan. Salah satunya seperti, membuang sampah pada tempatnya membuangnya pun bukan hanya ke dalam satu tempat tetapi tiga bak tempat pembuangan sampah yaitu, sampah organik, sampah plastik, dan sampah kertas. Menguranginya pun juga bisa dengan cara membuat pupuk kompos dari sampah organik, mendaur ulang dari sampah plastik dan sampah kertas. Pencemaran air (pencemaran ini yang membuat kotor lingkungan di air), pencemaran ini seperti, limbah-limbah pabrik yang di buang sembarangan ke sungai atau di laut, sampah-sampah yang di buang sembarangan di aliran sungai, dan sebagainya. Pencemaran ini banyak sekali sisi negatifnya, bukan hanya membuat sungainya jadi kelihatan kotor tetapi, pengunaan air pada sungai tersebut berkurang. Cara menanggulangi dan mengurangi pencemaran ini, jika pada limbah-limbah pabrik yang dibuang sembarangan ke aliran sungai atau laut adalah dengan cara, membuat aliran parit/selokan milik perusahaan itu sendiri agar di fungsikan sebagai menyalurkan limbah-limbah pabrik tersebut tetapi tidak alirkan ke sungai. Jika sampah-sampah yang berserakan di aliran sungai yaitu dengan cara, jangan lagi membuang sampah di aliran sungai atau pun laut. Dampak dari pencemaran lingkungan ini bisa banjir, polusi udara yang tidak baik untuk kesehatan dan lain-lain. Kesimpulannya adalah mari kita jaga lingkungan kita dan selalu menjaga kebersihan lingkungan kita. Mohon maaf jika bila ada salah kata mohon dimaafkan. Sekian dari saya. Wassalamualaikum Warohmatulohi Wabarokatuh.
logo
Kenalan Langsung Dengan Saya di Sosial Media.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Subscribe Our Newsletter

    Related Posts

    Buka Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel