20 Masalah Pada iPhone dan Solusi Perbaikannya

loading...
20 Permasalahan Pada iPhone dan Solusi Perbaikannya - Selamat sore para pembaca Blog Kampung Rumasa, semoga selalu diberikan rezeki hari ini dan nikmat yang luar biasa, sehingga kita selalu sehat bisa terus berpikir positif. Tentunya jika sudah sehat dan selalu berpikir positif, kita bisa menemukan berbagai macam solusi untuk permasalahan di hidup kita, apalagi jika bermasalah dengan Gadget iPhone yang kita miliki.

Pada beberapa tahun silam iPhone di klaim merupakan produk gadget tercanggih dibandingkan Android dan sangat jarang sekali terkena masalah. Namun belakangan muncul banyak masalah pada iPhone baik dari sisi hardware maupun software.

Bagi para pengguna baru iPhone yang baru saja membeli iPhone 6 tentunya bukan tidak mungkin produk yang anda pegang mengalami cacat pada bagian dalamnya. Untuk itu, anda mesti mengetahui 20 Masalah Pada iPhone dan Solusi Perbaikannya, agar anda bisa menjaga iPhone anda untuk terhindar dari kerusakan yang kami sebutkan dalam tulisan ini.

1. iPhone Saya Tidak Mau Hidup

Permasalahan pertama yang akan kita bahas adalah iPhone menolak untuk di hidupkan ketika dalam kondisi mati. Langkah yang mesti anda lakukan adalah mencoba menyambungkan pada sumber daya. Setelah itu, tunggulah beberapa menit hingga muncul gambar baterai pengisian.
Jika iPhone menampilkan gambar seperti diatas, maka itu berarti iPhone sedang dalam pengisian. Bila sudah terisi, gambar baterai akan berubah menjadi warna hijau sebagai indikator baterai maksimal.

2. iPhone Saya Tidak Mau Mati

Permasalahannya yang ini berkebalikan dengan masalah pertama. iPhone menolak untuk dimatikan dengan tombol power. Disini anda tidak bisa melakukan cabut baterai ataupun membuka casing nya dengan begitu saja.

Langkah dasar yang bisa anda coba adalah memaksa untuk mematikan dengan restart sederhana, dengan menekan dan menahan tombol Sleep / Wake (tombol, ramping persegi di sisi kanan atas telepon). Tahan tombol sampai melihat ‘slide to power off’. Setelah telepon dimatikan, Anda dapat menekan tombol Sleep / Wake lagi untuk menyalakannya kembali.
Jika restart sederhana tersebut yang saya berikan tidak tidak bekerja, coba reset, yang kira-kira sama dengan me-reboot PC Anda. Untuk mereset iPhone, tekan dan tahan kedua tombol Home (tombol bulat pada wajah iPhone) dan tombol Sleep / Wake pada saat yang sama, terus tahan walau keluar ‘slide to power off’. Setelah itu menghilang, terus memegang kedua tombol sampai Anda melihat ikon Silver Apple. Nah setelah nyala kembali, iPhone Anda dapat dimatikan secara normal. Semoga langkah ini berhasil.

3. iPhone Saya Tidak Terkoneksi Internet

Beberapa iPhone yang gagal ke koneksi internet biasanya tidak memiliki paket internet. Untuk itu, pastikan dulu paket internet anda denganmenghubungi operator seluler anda. Tapi jika masalahnya bukan itu maka anda perlu langkah yang jitu seperti ini.

Siap-siap untuk reset iPhone anda. Tekan dan tahan kedua tombol Home dan tombol Sleep / Wake pada saat yang sama, dan tetep menahan bila ada pilihan ‘slide to power off’. Setelah itu menghilang, Anda akan melihat ikon Silver Apple, dan ponsel anda akan hidup kembali.

Jika itu tidak memecahkan masalah koneksi, coba ulang pengaturan jaringan iPhone. Pergi ke Pengaturan, Umum , ulang , dan kemudian pilih Reset–Network Setting. Perhatikan bahwa Anda mungkin perlu masuk kembali password jaringan apapun yang Anda telah disimpan dalam telepon.

4. iPhone Saya Tidak Mau Mengisi Daya

Pengisian daya diperlukan pada setiap gadget, jika tidak bisa dilakukan maka hal ini adalah perkara besar. Cobalah untuk menghubungkan iPhone anda ke port USB di komputer. Usahakan terhubung ke bagian CPU, bukan pada monitor ataupun keyboard untuk menghindari perbedaan inputan daya.
Jika dengan cara ini sudah berhasil, maka selamat iPhone anda masih bisa digunakan. Namun jika langkah ini tidak kunjung memperbaiki iPhone anda, atau jika Anda tidak dapat mengisi daya sama sekali, Anda mungkin perlu datang ke toko Apple untuk melakukan perbaikan.

5. iPhone Saya Tidak Mau Connect ke Wifi/Hotspot

Seperti disebutkan dalam permasalahan diatas, anda bisa lekakukan langkah-langkah yang sama namun di menu yang berbeda yaitu Wifi/Hotspot pada perangkat iPhone anda. Jika koneksi seluler and hidup, cobalah untuk melakukan iPhone ke iTunes dan memperbarui perangkat lunak, atau restore iPhone.
Jika iPhone Anda mengalami kesulitan menghubungkan ke satu jaringan Wi-Fi tertentu, coba memaksa ponsel untuk “lupa” terhadap jaringan tertentu tersebut. Pergi ke Pengaturan, Wi-Fi . Sentuh panah kanan menunjuk di samping nama jaringan, dan pada layar berikutnya pilih Forget this Network. Kemudian, reset ponsel, cari jaringan lagi, dan menambahkannya kembali. Pastikan bahwa Anda telah memasukkan password Wi-Fi yang benar, dan reset router nirkabel Anda jika perlu.

6. Kamera iPhone Saya Tidak Berfungsi

Kamera yang tentunya menjadi hal yang sangat vital dalam sebuah smartphonehendaknya berfungsi normal. Tapi bila iPhone anda sampai mengalami hal seperti ini, maka Apple menawarkan beberapa saran untuk menyelesaikan masalah tersebut. Namun kabarnya untuk  iPhone 6 dan iPhone 6 Plus memiliki lebih dari satu masalah hanya pada kamera saja. Ini berdasarkan pada beberapa laporan dari para pengguna iPhone yang memulai aplikasi kamera, mereka mengatakan hanya menemukan layar hitam.

Pertama, ia mengatakan untuk memverifikasi bahwa Anda belum menghidupkan restrictions. Anda dapat menemukan restrictions dengan pergi ke Settings, General, Restrictions . Sesampai di sana, pastikan bahwa opsi kamera diatur ke On . Anda juga dapat tap Disable Restrictions.
Selain itu, Apple menyarankan menyalakan telepon dan mematikan, jika itu tidak berhasil, coba reset (tahan tombol Home dan Sleep / Wake) sampai Anda melihat Silver Apple ikon, dan kemudian membiarkan ponsel restart). Perbaikan disarankan lainnya termasuk memperbarui perangkat lunak iOS dan restore iPhone melalui iTunes.
Baca juga: Kamera Sony Experia Z1 Paling Unggul Di Kelasnya
Jika Anda memilih yang terakhir, jangan lupa untuk memilih opsi untuk mengatur perangkat sebagai sebuah iPhone baru sehingga Anda tidak mengembalikan pengaturan sulit untuk telepon.(Dan ingat untuk melakukan sinkronisasi sebelum Anda melakukan hal ini, seperti musik, film, dan aplikasi pada ponsel akan dihapus.)
Jika tidak ada perbaikan yang bekerja, Anda mungkin harus mengambil iPhone ke toko Apple untuk perbaikan. Pengguna umumnya melaporkan keberhasilan ketika mereka telah melakukan ini.

7. Tombol iPhone Saya Tidak Berfungsi

Reboot atau reset pada iPhone sangat berpengaruh pada tombol Home. Langkah cepat dengan menekan tombol tersebut akan menyelesaikan berbagai masalah. Tapi apa yang Anda lakukan ketika tombol Home iPhone Anda tidak bekerja? Dua saran umum adalah untuk memperbarui perangkat lunak iOS atau untuk restore iPhone melalui iTunes.

Jika Anda restore, pilih opsi untuk mengatur perangkat sebagai sebuah iPhone baru, sehingga Anda tidak mengembalikan pengaturan bermasalah ke ponsel. (dan pastikan untuk sync terlebih dahulu) Perbaikan ini dapat mengatasi gangguan perangkat lunak yang dapat menyebabkan masalah Anda, tapi masalah dengan tombol Home bisa hanya mungkin merupakan hasil dari masalah hardware.
Jika Anda menduga bahwa perangkat keras adalah pelakunya, dan telepon Anda masih dalam garansi (atau jika Anda tidak keberatan membayar untuk perbaikan), melakukan perjalanan ke toko Apple, di mana mereka dapat membantu Anda menentukan penyebab masalah.

Jika Anda sangat menantang, Anda bisa mencoba untuk membongkar iPhone Anda dan menginstal tombol Home baru sendiri. iPhone Anda mungkin juga perlu konektor baru untuk tombol Home. Anda dapat menemukan orang-orang yang menjual tombol dan kabel online, tapi tentu saja, garansi bisa hilang.

Dilansir dari Devilpenakut.com bahwa ada cara lain yaitu melakukan mengencangkan kembali posisi dari tombol Home itu "kami tidak bertanggung jawab atas kerusakan lanjut". Pasang kabel USB ke iPhone Anda. Kemudian, tekan perlahan *ingat perlahan, jangan keras-keras* pada konektor 30-pin, sehingga mendorong di belakang tombol home. Sementara Anda menekan ke atas, klik tombol Home. Lepaskan kabel, dan melihat apakah memecahkan masalah. Silakan anda pilih cara aman untuk menangani masalah ini.

8. Layar iPhone Saya Tidak Sensitif

Terkadang jika banyak aktivitas yang dilakukan layar iPhone jadi sulit dikendalikan bahkan sampai hang (tidak bergerak) dan hilang sifat sensitif layarnya. Untuk masalah ini, anda bisa mencoba untuk menonaktifkan ponsel dan kemudian kembali. Jika itu tidak berhasil, ulang.  Kami tahu ini diulang-ulang, tetapi kedua langkah benar-benar dapat memecahkan berbagai masalah iPhone.

Jika cara itu tidak memperbaiki masalah Anda, Anda akan lebih baik memperbarui perangkat lunak iOS di iTunes, dan kemudian Anda dapat mencoba restore di iTunes, pilih opsi untuk mengatur perangkat sebagai sebuah iPhone baru sehingga Anda tidak mengembalikan pengaturan buruk untuk telepon, dan ingat untuk melakukan sinkronisasi terlebih dahulu.

Jika layar tersebut masih tidak bekerja, masalahnya mungkin dengan perangkat keras, bukan perangkat lunak iPhone. Jika Anda menjatuhkan iPhone Anda, bagian dalam konektor mungkin perlu diperbaiki atau reseated.

Anda dapat menemukan petunjuk tentang cara untuk melakukan itu secara online, tetapi memperingatkan bahwa prosedur mengharuskan Anda untuk membuka iPhone Anda dan menggali sekitar di dalam. Jika iPhone Anda masih dalam garansi, Anda tentu lebih baik membawanya ke sebuah toko Apple sebagai gantinya.

9. Layar iPhone Saya Retak

Bila terjatuh dan terbanting, beberapa layar smartphone juga biasanya mengalami hal ini yaitu retak. Namun menurut laporan beberapa pengguna iPhone ada hal tidak wajar dari retak yang dialami pada iPhone. Retaknya dianggap berlebihan walaupun bantingannya sangat ringan.
Solusinya yang bisa anda lakukan adalah langsung ke Apple untuk melakukan perbaikan, anda akan dikenakan biaya $109 untuk iPhone 6 dan $129 untuk iPhone 6 Plus. kunjungi Apple Repair Screen Damage

10. iPhone Saya Bermasalah Dengan iOS Baru

iOS baru yang tertanam pada iPhone setelah anda melakukan upgrade seharusnya tidak ada masalah. Namun beberapa pengguna menemukan masalah pada hasil upgradenya dan muncul beberapa masalah lanjutan dari kerusakan upgrade iOS.

Jika pembaruan yang anda lakukan pada iPhone tidak berpengaruh besar maka anda mesti coba melakukan hal ini untuk mempercepat kinerja iPhone Anda, menonaktifkan fitur pencarian spotlight. Pergi ke Pengaturan, Umum . Dari sana, pilih Home Button , pilih Pencarian Spotlight , dan menonaktifkan setiap item dengan menekan di atasnya. Keluar dari menu Pengaturan.
Pilihan lainnya adalah mengembalikan iPhone Anda di iTunes. Pastikan untuk memilih opsi untuk mengatur perangkat sebagai sebuah iPhone baru sehingga Anda tidak mengembalikan pengaturan buruk untuk telepon. (Dan ingat untuk melakukan sinkronisasi sebelum Anda melakukan hal ini, karena segala sesuatu di telepon akan dihapus.)

Jika ada yang lain bekerja, Anda mungkin terpaksa downgrade ke versi iOS. Itu akan berarti kehilangan keluar pada fitur baru. Ini adalah usaha yang rumit. Lifehacker dan iPhoneHacks.com keduanya menawarkan walk-through, namun perlu diingat bahwa Anda dapat lebih memperburuk iPhone Anda. Namun, jika perangkat lunak baru terlalu bermasalah, upaya tersebut pasti membantu.

11. iPhone Saya Bengkok

iPhone 6 mengalami hal ini diawal-awal rilisnya, beberapa orang yang membeli produk terbaru tersebut mengungkapkan bahwa iPhone mudah bengkok dalam keadaan teretentu seperti tidak sengaja diduduki atau terjepit di dalam celana.

Namun Apple sendiri mengklaim bahwa itu bukanlah masalah umum, selain itu kepala insinyur Apple mengungkapkan bahwa iPhone 6 dan iPhone 6 Plus adalah produk yang paling banyak diuji sampai 15.000 kali pengujian, jadi ketika anda melihat smartphone itu tipis maka janganlah coba-coba untuk menekuknya, gunakan saja sebagaimana mestinya.

solusi yang bisa anda lakukan adalah dengan menghubungi Apple atau bawa ke Apple Store untuk diperiksa, mungkin anda akan mendapatkan pengganti gratis.

12. Bluetooth iPhoe Saya Tidak Berfungsi

Sudah banyak laporan yang masuk terkait masalah bluettoh ini, dimana pengguna iPhone 6 atau iPhone 6 Plus mengalami kesulitan dalam mengkoneksikan perangkat mereka dengan perangkat lain dengan Bluetooth, apalagi mengkoneksikan iPhone dengan sistem mobil. Dalam laporan menyebutkan banyak jenis mobil yang masih bermasalah dengan iPhone termasuk Mercedes-Benz, BMW, Nissan, Toyota, Honda, Mitsubishi, Mazda dan banyak lagi.
  • Solusi yang perlu anda lakukan adalah pertama-tama anda perlu menghapus semua perangkat yang terhubung. Masuk ke Settings->General->Reset->Reset Network Settings, tahan tombol Sleep/Wake dan tombol Home bersama-sama sampai Anda melihat logo Apple. Pastikan mobil Anda atau perangkat lain terdeteksi di iPhone anda, kemudian buat koneksi dari awal lagi. 
  • Solusi terkahir adalah dengan melakukan Reset Pabrik. Lihat bagaimana pabrik ulang iPhone.

13. iPhone Saya Kena Masalah Service dan Touch ID

Masalah service dan touch ID ini adalah ulah dari update iOS 8.0.1 yang sebenarnya untuk mengatasi bug yang lain, mungkin karena kurang perhitungan atau apa update tersebut terlalu cepat untuk dirilis sehingga malah menyebabkan masalah lanjutan, tapi ini untuk beberapa iPhone 6 saja. Mungkin anda bisa mencoba untuk kembali ke iOS 8.0 tetapi kabarnya Apple akan segera merilis update iOS 8.0.2?

Jika memilih untuk update, anda tinggal masuk ke menu Settings->General->Software Update dan tekan tombol Download and Install, sebelumnya jangan lupa untuk backup data dan di cas dulu ya.
Anda juga bisa melakukan update dari iTunes dengan cara masukkan kabel USB iPhone anda ke komputer dan pilih perangkat tersebut kemudian pilih Check for Update di kolom Summary.

Jika masalah ini masih berlanjut setelah anda update iOS 8.0.2, silahkan balik lagi ke versi iOS 8, anda hanya memerlukan file IPSW untuk melakukan ini. iPhone 6 IPSW dan iPhone 6 Plus IPSW
Jangan lupa untuk backup data dulu ya, di iTunes juga bisa. kalau menggunakan Mac, anda hanya menekan dan tahan tombol Alt->Restore->file IPSw, namun jika menggunakan Windows anda tinggal menekan dan tahan tombol Shift->Restore->file IPSW.

14. Keyboard iPhone Saya Landscape

Keyboard landscape terkadang nyaman digunakan untuk bermain game, namun apa jadinya jika keyboard landscape menjadi saling tumpang tindih satu sama lain sehingga menyulitkan pengguna untuk mengetik ditambah terdapat beberapa tombol yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Pada iPhone 6 masalah ini terjadi terutama dalam aplikasi iMessage dan SMS yang menggunakan keyboard asli.
Ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah ini adalah:
  • Matikan iPhone 6 atau iPhone 6 Plus anda, kemudian nyalakan kemabali, masalahnya mungkin hilang untuk sementara.
  • Cobalah masuk ke menu Settings->Pesan dan nonaktifkan fitur Raise to Listen.
  • Anda bisa mencoba untuk mengubah Button Shape dan mengubah Zoom, masuk ke menu Settings->General->Accessibility.
  • Anda bisa menggunakan keyboard pihak ketiga sebagai gantinya. Coba di artikel sebelah, Best Keyboard Apps iPhone
Ini juga bisa disebabkan dari setingan backup sebelumnya atau menggunakan versi iPhone yang lebih tua. Jika demikian, anda harus mereset semua setingan tersebui dengan cara masuk ke menu Settings->General->Reset->Reset All Settings, cek kembali apakah ada perubahan. Melakukan reset semua pengaturan tidak akan menghapus data apapun, namun anda harus memasukkan beberapa password dan jika ingin mengatur hal-hal tertentu lagi.

15. iPhone Saya Sering Crash dan Boot Loop

Pada iPhone 6 dan iPhone 6 Plus mengalami masalah crash berulang-ulang tanpa ada pemberitahuan dan alasan yang jelas. Ini dituturkan oleh beberapa orang yang memiliki iPhone 6. Dan setelah crash tersebut iPhone 6 kemudian melakukan boot loop berulang-ulang terus mati sendiri. Ini mungkin disebabkan oleh sebuah aplikasi sehingga menampilkan layar biru atau merah. 
Ini mungkin adalah masalah yang cukup ekstrim, sehingga anda perlu melakukan langkah-langkah ekstrim juga:
  • Update iOS anda dengan cara masuk ke menu Settings->General->Software Update.
  • Sama seperti masalah Keyboard, ini juga bisa disebabkan dari setingan backup sebelumnya sehingga anda perlu melakukan Reset Pabrik.
  • Jika tidak menyelesaikan masalah, mungkin bermasalah pada hardware sehingga anda perlu menukarkannya ke Apple Store untuk mendapatkan pengganti dari Apple. Pastikan penggantinya juga tidak memiliki masalah yang sama

16. Baterai iPhone Saya Boros

Borosnya baterai smartphone ternyata dialami juga oleh iPhone. Ini merupakan masalah umum, dimana iPhone begitu boros dalam menggunakan daya betarai. Dalam hal ini, anda harus menghapus semua aplikasi-aplikasi yang kira sangat rakus akan daya baterai.
Memperbarui perangkat lunak dapat memperbaiki berbagai masalah. Jika itu tidak berhasil, cobalah menyesuaikan beberapa pengaturan pada iPhone Anda untuk menghemat batrai. Mematikan Bluetooth, pengaturan telepon untuk memeriksa e-mail lebih jarang, dan mematikan kemampuan telepon untuk mencari dan menyarankan jaringan Wi-Fi baru, hal tersebut bisa menghemat baterai.

17. Saya Takut iPhone Meledak

Ini hal yang harus anda waspadai sebagai pengguna iPhone. Dikabarkan dari Arizona bahwa ada seorang yang menderita luka bakar dari ledakan iPhone yang ditaruh di saku mereka, terlihat baterai lithium secara tidak sengaja muncul dari socket dan menyebabkan api. Sehingga anda harus berhati-hati, jangan pernah menaruh iPhone anda di celana jeans yang ketat, selain membuat signal kebingungan juga merusak kesehatan "barang" anda.

18.  Headphone iPhone Sering Bermasalah

Banyak yang beranggapan bahwa masalah headphone di iPhone 6 agak berbeda dari biasanya, terdapat beberapa masalah di sini selain kualitas buruk, suara headphone serak dan kurang nyaman untuk didengar. Masalah lain juga terdapat pada Siri Auto Launching, musik berhenti dengan sendiri dan volume pada headset tidak bekerja sebagaimana mestinya.
Terdapat beberapa solusi yang perlu anda lakukan yaitu:
  • Bersihkan port headphone anda untuk memastikan tidak ada debu atau kotoran yang menyebabkan masalah ini.
  • Gunakan headphone pihak ketiga 
  • Jika menggunakan mikrofon sering berhenti sendiri. Ini bisa jadi karena logam di bagian atas steker menyentuh iPhone. Beberapa orang melaporkan kesuksesan dengan menggunakan scotch tape, plastik, atau bahkan benang gigi melilit bagian atas jack headphone. 
  • Jika masalah belum bisa teratasi mungkin itu kesalahan hardware. Sebaiknya anda melapor ke Apple untuk mendapatkan arahan, namum Jika mereka tidak dapat mengatasi masalah tersebut maka anda bisa mendapatkan handset pengganti.

19. iPhone 5 Saya Sering Searching Terus

Beberapa orang mengalami masalah ini, namun tenang saja ada solusi untuk masalah ini yang bisa anda praktekan langsung. Pertama kali yang harus diperhatikan untuk iPhone 5 yang menggunakan SIM card dengan ukuran nano, periksa dulu SIM cardnya. Ada baiknya SIM card yang digunakan, memang ukuran aslinya sudah nano, bukan dipotong. Ini bisa diminta ke operator yang Anda gunakan.

Setelah dipastikan SIM card dalam kondisi baik, misal Anda coba di iPhone teman dan berjalan baik,coba lakukan hal ini:

1. Jalankan airplane mode dengan masuk ke Settings, turn airplane mode on, tunggu selama 3 detik dan matikan lagi airplane mode.

2. Restart iPhone.

3. Pastikan Anda menggunakan OS yang terbaru, update via Wifi dengan masuk ke setting, general, software update. Setelah update, keluarkan SIM card Anda dan masukkan kembali.

4. Jika SIM card Anda di-protect dengan PIN, hapus dahulu PIN-nya. Ketika PIN sudah dimatikan, coba lagi.
Baca juga: Kode Rahasia Perangkat Blackberry
Kalau sinyal masih belum keluar coba reset network Anda dengan masuk setting, general, reset, reset network setting. Jika cara tersebut tidak berhasil, kemungkinan device anda bermasalah di hardware, dan sudah saatnya dibawa ke service center. (Pastikan juga iPhone yang Anda miliki memang asli unlock dari pabrik dan bukan unlock melalui jailbreak atau menggunakan SIM adapter tambahan untuk mem-bypass pembatasan network dari Apple)

20. iPhone Saya Layarnya Bergetar dan Berbayang

Munculnya garis yang bergetar pada perangkat iPhone memang sangat mengganggu, terlebih pada iPhone yang memiliki mobilitas tinggi dari sisi penggunaannya. Masalah ini dikenal dengan istilah screen flickering, mengatasi masalah ini dengan berbagai cara seperti non aktikan auto brightness,dll hingga restore ulang tetap tidak akan berhasil.
Solusinya anda bisa melakukan pergantian LCD, namun sebelumnya anda mesti mengetahui LCD yang cocok untuk layar iPhone anda. LCD original 4S ciri2nya mempunyai gasket shield disisi kiri dan kanan bagian belakang, flexibel LCD dan touch screen terdapat tulisan Apple dengan kodenya, untuk bagian flexibel LCD keras tapi lentur.

Tentunya buat mengetahui ciri diatas, anda harus tau sampel LCD sebelum dipasang. Masalah pergantian LCD, untuk harga tiap-tiap tempat service berbeda-beda.

Satu hal yang perlu anda ketahui dari berbagai masalah yang melanda iPhone yaitu iPhone sebaiknya menggunakan perangkat original bawaannya baik itu charger maupun handset. Dengan penggunaan sesuai standar semoga menghindarkan kita dari gangguan kerusakan iPhone yang berlebih. Selamat membaca, semoga menambah pengetahuan anda dengan tulisan 20 Masalah Pada iPhone dan Solusi Perbaikannya ini.
Lindungi iPhone Anda dari Kerusakan dengan Bantuan Benda Ini

Salah satu hal yang bisa merusak bagian hardware adalah benturan yang terjadi pada perangkat iPhone Anda. Sebaiknya, Anda bisa melakukan proteksi itu lebih awal daripada harus membiarkan iPhone Anda rusak dan dibawa ke service centre. Anda pengguna iPhone yang cerdas pasti memilih menggunakan Hardcase yang Super bagus untuk menjaga iPhone kesayangan Anda.

Kami sarankan pada Anda untuk menggunakan Hardcase yang full protection. Selain menjaga bagian belakang dari benturan, juga menjaga layar dari goresan akibat penggunaan jari yang kasar/kotor maupun gesekan benda lain.


Hardcase Full protect ini akan melindungi iPhone Anda dari debu, kotoran dan akan membuat tampilannya terlihat lebih elegan.

Tipe:
  • IPHONE 5/5S/5SE
  • IPHONE 6/6S
  • IPHONE 6+/6S+
  • IPHONE 7
  • IPHONE 7+
Colour:
  • GOLD
  • BLACK
  • SILVER
  • SOFT PINK
  • RED





Sebelum pengiriman barang telah dilakukan pemeriksaan, dan dipacking dengan bubble tebal, apabila barang Pecah atau Rusak di perjalanan, merupakan tanggung jawab jasa ekspedisi, klaim dapat dilakukan langsung ke jasa ekspedisi. Mohon perhatikan hal ini ya.

Informasi Pemesanan:
Mela Widiawati (Costumer Service)
Jual Hardcase iPhone Terbaru

Pengiriman senin - jumat pkl. 16.00 dipickup jne. (kecuali sabtu jam 11.00)

Menerima Dropship dan Reseller
20 Masalah Pada iPhone dan Solusi Perbaikannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Orang Kampung