Inilah 10 Cara Mengatasi Banjir Di Ibu Kota

loading...
Inilah 10 Cara Mengatasi Banjir Di Ibu Kota yang sekarang sedang gencar dilakukan pemerintah mulai dari daerah hingga pusat menerapkan hal ini. Karena penyebab banjir di ibu kota terdiri dari berbagai macam faktor, maka penanggulangannya pun harus sesuai dengan jumlah penyebab tersebut.

Pada beberapa hari yang lalu kita dikejutkan dengan banjir Rob yang menghantui beberapa kawasan di Indonesia khususnya daerah yang bersinggungan langsung dengan laut lepas. Seperti di Semarang yang tidak henti-hentinya berita mengupas tentang banjir di Semarang yang memang terbilang cukup parah tahun ini.

Berkaca dari banjir di Semarang, ibu kota seharusnya berbenah dengan memperbaiki berbagai penyebab banjir yang menghantui warga. Jangan sampai karena sudah terbiasa kebanjiran, warga dibiarkan begitu saja. Jika demikian, selain banjir juga maka akan mengakibatkan pencemaran lingkungan yang kotor.

Wilayan Indonesia yang berada pada iklim tropis memang rentan terjadi peningkatan air laut dan badai. Negara kepulauan yang bersinggungan dengan Indonesia pun memiliki dampak yang sama.

Dan untuk itu, kita bisa mencoba 10 cara untuk mengatasi banjir di Ibu kota melalui diri kita sendiri terutama. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
1. Buat irigasi yang baik
2. Membuang sampah pada tempatnya
3. Rajin membersihkan saluran air
4. Membuat bangunan pencegah banjir
5. Menanam pohon di sekitar rumah tinggal
6. Melestarikan hutan
7. Membuat lubang bipori
8. Membuat sumur serapan
9. Proyek pendalaman sungai
10. Penggunaan paving stone untuk jalan
10 Cara Mengatasi Banjir Di Ibu Kota sudah diterapkan di negara maju seperti amerika dan Jepang. Dengan mengedepankan konsep city smart maka masalah-masalah banjir di Ibu kota pun bisa terselesaikan. Untuk di Indonesia, memang harus membutuhkan waktu yang lama. Pasalnya, perlu adanya kesadaran yang tinggi dari masyarakatnya sendiri.
Inilah 10 Cara Mengatasi Banjir Di Ibu Kota Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Orang Kampung

0 Komentar:

Post a Comment

Silakan tuliskan komentar untuk Artikel yang sudah Anda baca.

Dilarang SPAM dan meninggalkan Link Aktif. Terima kasih.