. Eksotisme Batik Banten Dimata Dunia - Kang Nulis -->
Banner IDwebhost

Eksotisme Batik Banten Dimata Dunia

Selamat siang para pembaca Blog Kampung Rumasa!!. Lama tidak menengok blog ini seolah memberikan rasa rindu yang perlu diungkapkan lewat tulisan, apalagi saat ini hampir mendekati momen Sumpah Pemuda. Momentum untuk terus menumbuhkan kecintaan kita pada tanah air, pada negeri yang telah beranjak dewasa, dan mengaplikasikan karya menjadi nyata yang tak hanya ada dalam khayalan negeri dongeng. baiklah, untuk mengobati kerinduan ini, saya mencoba mengeksplor kembali kearifan budaya Banten lewat souvenirnya.
beberapa waktu lalu pernah saya menuliskan artikel tentang wilayah banten, golok ciomas di banten, bahkan suku Baduy (baca disini). Dan untuk kali ini, anda akan saya ajak untuk melihat karya seni yang terbilang umum saat ini namun memiliki eksistensi yang tinggi bagi masyarakat bahkan bangsa. Ya, banten juga punya Batik yang tidak kalah dengan batik pekalongan, jogjakarta, dan lainnya.
Apa sebenarnya yang membuat batik Banten begitu hebat?, hingga badan organisasi dunia UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization) mengakuinya sebagai batik tebaik. Batik Banten masuk ke ranah mancanegara diperkirakan sekitar tahun 90-an, batik ini mampu membuat cengang dunia bukan hanya dari ciri khas yang dimiliki dari motifnya namun juga segudang filosofi yang tergores dalam batik banten.
Mendapatkan penghargaan bukan semata-mata tak ada riset dan uji kelayakan yang sangat padat, apalagi ini UNESCO. Ya, batik banten jadi hebat saat ini berkat adanya kajian ilmiah di Malaysia dan Singapura yang melibatkan 62 negara di dunia. 5 Juni tepatnya Batik Banten mendapatkan predikat terbaik dunia. Batik banten juga merupakan batik pertama yang punya hak paten dari UNESCO, yang saat ini berbagai motifnya telah berkembang di berbagai negara. Hebat bukan?. Banten tea :-)
Itulah sedikit ulasan saya tentang salah satu souvenir Banten yang bisa anda miliki, untuk pemesanan bisa langsung mencari di wilayah Banten saja. Karena saya belum jualan disini :-)
logo
Kenalan Langsung Dengan Saya di Sosial Media.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Subscribe Our Newsletter

    Related Posts

    Buka Komentar
    Tutup Komentar

    Belum ada Komentar untuk "Eksotisme Batik Banten Dimata Dunia"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel