. Tips Mengolah Makanan Yang Sehat - Kang Nulis -->
Banner IDwebhost

Tips Mengolah Makanan Yang Sehat

Selamat pagi para pembaca Kampung Rumasa Weblog, masih dalam suasana Ramadhan dan suasana yang sangat membuat saya makin asyik menulis konten yang berhubungan dengan kesehatan kita di bulan puasa ini terutama terhadap menu makanan yang menjadi pilihan kita untuk sahur dan berbuka puasa yang tentunya anda harus tahu tentang tips mengolah makanan yang sehat.

Makanan yang seimbang tentu saja kita kenal dengan istilah 4 sehat 5 sempurna. Setelah anda tahu tentang hal itu, baiknya anda juga tahu cara mengolahnya agar kandungan gizi seperti vitamin, protein, dan lainnya tidak hilang begitu saja saat prosesnya dilakukan. Jadi percuma dong, anda tahu istilah namun tidak tahu tentang aplikasinya. Nah untuk itu, saya coba tuliskan beberapa cara yang tepat tentang mengolah makanan yang sehat.

Bahasan pertama kita adalah tentang bahan (makanan) pokok kita yaitu beras yang sudah menjadi makanan sehari-hari kita. Seperti kita tahu bahwa beras mengandung banyak vitamin B1. Vitamin ini sifatnya mudah larut dalam air. Sebaiknya, beras tidak dicuci terlalu lama dan tidak diremas-remas. Mencuci beras terlalu lama, apalagi dengan meremasnya akan melarutkan vitamin tersebut. Vitamin itu akan terbuang.

Berlanjut kepada Sayur mayur nih, memasak sayuran pun ada aturannya. Kandungan gizi dalam sayuran dapat dipertahankan jika diolah secara benar. Cara memasak sayuran yang benar sebagai berikut :
1. Sayuran dicuci terlebih dahulu sebelum dipotong.
2. Memasak sayuran tidak terlalu lama atau jangan terlalu matang.
3. Saat memasak sayuran sebaiknya panci dalam keadaan tertutup.

Untuk jenis buah-buahan juga perlu dijaga kebersihannya. Walaupun ada beberapa buah yang memas dimakan bersamaan dengan kulitnya seperti apel. Sebaiknya di cuci terlebih dahulu dan disimpan pada tempat yang dingin (lemari es). Sebagai pelengkapnya dalam empat sehat lima sempurna ialah susu. Selera terhadap susu memang tergantung pada individu, namun memilih susu yang manapun selama itu asli dan diperbolehkan untuk di konsumsi silakan saja. Kandungan yang terdapat pada susu terutama sapi itu sangat banyak untuk membantu pertumbuhan tulang dan kekuatan persendian. Makanan juga perlu diikuti dengan olahraga yang seimbang yah :)

Sekian artikel Tips mengolah makanan yang sehat yang bisa saya tulis pagi ini, semoga bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan kita tentang makanan dan menjaga kesehatan kita.
logo
Kenalan Langsung Dengan Saya di Sosial Media.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Subscribe Our Newsletter

    Related Posts

    Buka Komentar
    Tutup Komentar

    Belum ada Komentar untuk "Tips Mengolah Makanan Yang Sehat"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel