. Inovasi Pendidikan Karakter Untuk Tunas Bangsa - Kang Nulis -->
Banner IDwebhost

Inovasi Pendidikan Karakter Untuk Tunas Bangsa

Ujian Nasional dirasa sudah cukup menjadi patokan bagi tunas bangsa yang saat ini mengecap dunia pendidikan selama 12 tahun sebagai siswa sekolah dari tingkat dasar hingga tingkat atas. Namun persaingan masih menjadi tanda tanya yang cukup gelap bagi kebanyakan tunas bangsa yang telah melawan rasa kemelut dalam hidupnya tersebut (UN).

Tersadar atau tidak, mereka diarahkan oleh alam bawah sadar untuk menentukan karakter diri (Personal Character) mereka dalam waktu yang sangat cepat sebelum menuju jenjang yang lebih tinggi dan juga sebagai salah satu penentu tujuan hidup tunas bangsa. Dalam menentukan arah dan tujuan dalam mencari karakter yang tepat bagi mereka hendaknya melakukan inovasi pada pendidikan karakter dan ini merupakan tugas salah seorang dari inovator bangsa.

Dalam sebuah seminar yang dilakukan di Kota Serang, Banten. Terdapat pokok yang sangat penting dalam Inovasi Karya Anak Bangsa menuju Kemandirian Nasional diantaranya adalah menjadikan tunas bangsa memiliki karakter dan keterampilan yang bermutu tinggi, dengan harapan mampu diarahkan menuju pembangunan bangsa yang saat ini memang sedang membutuhkan tunas muda dalam mengentaskan masalah dan problematika bangsa.

Inovasi dalam pendidikan karakter hendaknya bisa mengarahkan tunas bangsa untuk bisa lebih mandiri dan membuahkan hasil pemikiran yang bermanfaat bagi negara. Persaingan yang banyak seperti inilah yang sangat berperan penting dalam menggali beragam potensi yang terdapat pada para tunas bangsa untuk menghasilkan sebuah inovasi baru di kalangan tunas bangsa.

Fakultas Komputer - Universitas Indonesia mengadakan sebuah ajang yang menantang anak bangsa untuk lebih berkarya demi mengarah pada kemandirian bangsa melalui Compfest 2011.

Event yang diadakan oleh anakui.com ini ternyata mampu membuka mata para penggila dunia teknologi untuk terus bersaing menuju kemandirian dengan karakter yang melekat pad dirinya. Seperti pada ajang Compfest saat ini yang memang disuguhkan dengan kemasan yang menarik dengan tema Inovasi Karya Anak Bangsa menuju Kemandirian Nasional. Beberapa event di Compfest 2011 antara lain adalah sebagai berikut:

PROGRAMMING COMPETITION
Programming Competition COMPFEST 2011 (PC COMPFEST 2011) merupakan salah satu rangkaian acara Computer Festival 2011 yang diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia. PC Compfest 2011 merupakan kompetisi berskala nasional. Peserta dari kompetisi ini adalah mahasiswa/i serta siswa/i SMA yang berada di seluruh Indonesia. Kompetisi ini bersifat individu untuk siswa/i SMA dan tim untuk mahasiswa/i. Peserta akan melalui babak penyisihan sebelum akhirnya mencapai babak final. Pada setiap babak tersebut terdapat soal-soal pemrograman untuk diselesaikan para peserta secara online (via web). Babak final kompetisi ini digelar pada acara puncak Computer Festival 2011.
BLOGGING COMPETITION
Blogging Competition adalah sebuah kompetisi blog yang diadakan oleh Compfest 2011 dalam rangka mengapresiasi para blogger Indonesia yang memiliki minat tinggi dalam menulis tulisan di blog. Dengan adanya kompetisi ini diharapkan bisa lebih meningkatkan kemampuan dan minat menulis para blogger Indonesia dalam membuat tulisan artikel yang berkualitas. Peserta diharapkan menulis artikel yang bertemakan : Inovasi Karya Anak Bangsa menuju Kemandirian Nasional.
GAME DESIGN COMPETITION
Game Design Competition merupakan suatu kompetisi dimana peserta diminta untuk membuat sebuah game pada platform mobile Android dengan tema "Inovasi". Sasaran utama dari kompetisi ini adalah mahasiswa dan developer Android di seluruh Indonesia. Kompetisi ini akan dilaksanakan dalam 2 tahap, tahap penyisihan yang meliputi proposal dan game jadi serta tahap final yang akan dilaksanakan di SMESCO. Tahap penyisihan, peserta diminta untuk mengirimkan proposal berisi deskripsi dan penjelasan mengenai game yang dibuat beserta game yang telah dibuat.
ROBOTIC COMPETITION
Selain merupakan kompetisi, Robotic Competition ini juga memberikan nilai edukasi dan memperkenalkan kepada pelajar SMA tentang robot tanpa biaya pendaftaran. Kompetisi ini akan menggunakan robot LEGO Mindstorms NXT. Kegiatan akan diawali dengan tutorial LEGO Mindstorms NXT dan perangkat lunak Mindstorms Edu NXT, lalu akan dilanjutkan kompetisi dengan menggunakan kedua peralatan tersebut.
Saya berharap dengan adanya Compfest 2011 ini memang memberikan sebuah motivasi besar pada tunas bangsa untuk melakukan inovasi yang sangat membanggakan bagi Indonesia, dan juga menjadi sebuah bekal kepercayaan dunia pada pendidikan di Indonesia yang secara riil telah memiliki karakter yang terus mendukung Inovasi Karya Anak Bangsa menuju Kemandirian Nasional.
logo
Kenalan Langsung Dengan Saya di Sosial Media.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Subscribe Our Newsletter

    Related Posts

    Buka Komentar
    Tutup Komentar

    Belum ada Komentar untuk "Inovasi Pendidikan Karakter Untuk Tunas Bangsa"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel