Do'a Memasuki Bulan Suci Ramadhan 1438H

loading...
Do'a Memasuki Bulan Suci Ramadhan 1438H - Alhamdulillah, Segala puji hanya milik Allah sang pemberi rizki dan pengatur keseimbangan alam semesta. Shalawat dan salam atas Rasulillah –Shallallahu 'Alaihi Wasallam-, keluarga, para sahabat, dan umatnya hingga akhir zaman.
Niat Puasa Ramadhan Tahun Ini

Jika melihat kalender di tahun 2016, tidak lama lagi kita akan memasuki bulan suci Ramadhan. Bulan yang sangat ditunggu dan diyakini sebagai bulan terbaik untuk meraih pahala yang disediakan oleh Allah SWT. Maka tidak heran jika kegembiraan menyambut datangnya bulan suci ini dijadikan sebagai pahala pula yang akan Allah limpahkan bagi umat Islam.

Dalam sebuah hadist dari Rasulullah saw menyebutkan ”Siapa bergembira dengan masuknya bulan Ramadhan, Allah akan mengharamkan jasadnya masuk neraka.”
مَنْ فَرِحَ بِدُخُولِ رَمَضَانَ حَرَّمَ اللهُ جَسَدَهُ عَلىَ النِّيْرَانِ

Tidak ada doa khusus yang dibaca saat memasuki bulan Ramadhan. Yang ada adalah doa saat melihat hilal. Dan ini berlaku pada seluruh bulan, bukan hanya pada hilal Ramadhan saja. Maka apabila telah sampai pada kita suatu pengetahuan tentang terlihatnya bulan –dalam kesempatan ini awal Ramadhan-, baik langsung kita sendiri yang melihatnya atau pun berita dari pihak lain, maka dianjurkan untuk membaca doa berikut ini:

اللَّهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالْيُمْنِ وَالْإِيمَانِ وَالسَّلَامَةِ وَالْإِسْلَامِ رَبِّي وَرَبُّكَ اللَّهُ 
Allaahumma Ahillahu 'Alainaa Bilyumni Waliimaani Wassalaamati Walislaami, Rabbii Wa Rabbukallaah
“Ya Allah, perjalankanlah bulan ini kepada kami dengan penuh kebajikan, iman, selamat dan Islam. Rabb-ku dan Robb-mu (wahai bulan) adalah Allah.”

Atau:
اللَّهُ أَكْبَرُ اللَّهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالأَمْنِ وَالإِيمَانِ وَالسَّلاَمَةِ وَالإِسْلاَمِ ، رَبِّى وَرَبُّكَ اللَّهُ

Allaahu Akbar, Allaahumma Ahillahu 'Alainaa Bil-amni Wal-iimaani Was-salaamati Wal-islaami, Rabbii Wa Rabbukallaah
“Allahu Akbar, Ya Allah perjalankanlah bulan itu kepada kami dengan membawa keamanan dan keimanan, kesematan dan Islam. Rabbku dan Rabbmu (hai bulan) adalah Allah.” (HR. Ahmad 888, Ad-Darimi dalam Sunannya no 1729, dan dinilai shahih oleh Syua’ib Al-Arnauth dalam Ta’liq Musnad Ahmad, 3/171)

Keterangan :
Do'a Memasuki Bulan Suci Ramadhan 1438H ini hanya dibaca ketika seseorang melihat hilal di awal bulan. Karena itu, bagi yang tidak melihat hilal, tidak disyariatkan membaca doa ini ketika masuk awal bulan. Sebagaimana keterangan Dr. Sa’id Al-Qahthani dalam syarh Hisnul Muslim, hlm. 262.
Do'a Memasuki Bulan Suci Ramadhan 1438H Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Orang Kampung