. Jambore Nasional Ke-9 Gerakan Pramuka 2011 - Kang Nulis -->
Banner IDwebhost

Jambore Nasional Ke-9 Gerakan Pramuka 2011

Jambore Nasional Ke-9 Gerakan Pramuka 2011 telah dibuka oleh Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono yang hadir bersama ibu Negara. Jambore Nasional tahun ini diselenggarakan di Bumi Perkemahan Teluk Gelam, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan pada 2-9 Juli mendatang.

Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Azrul Azwar melalui siaran pers ke JPNN, Minggu (5/6), menyatakan bahwa pertemuan akbar lima tahunan Gerakan Pramuka itu akan diikuti oleh 17 ribu Pramuka Penggalang usia 11-15 tahun dari seluruh Indonesia. Adapun tema jambore kali ini adalah ’Bersatu Teguh Menuju Indonesia Gemilang’. "Peserta akan mengikuti berbagai kegiatan sesuai dengan tema Jamnas," ujar Azrul Azwar.

Lebih lanjut Azrul menambahkan, para peserta Jamnas akan mengikuti serangkaian kegiatan yang dikemas sesuai dengan perkembangan terkini. Di antaranya terdapat Kampung Teknologi Sriwijaya yang berisi kegiatan teknologi informasi, industri kreatif, jurnalistik, budidaya lebah madu, ikan air tawar. Selain itu ada pula Kampung Cindo Sriwijaya yang fokus pada kegiatan sosialisasi bahaya narkoba, daur ulang sampah, sanitasi lingkungan, perubahan iklim dan energi terbarukan seperti penjernihan air, pemanfaatan energi surya, angin, dan air.

Sedangkan untuk mengekspresikan aktivitas remaja, kegiatannya akan dipusatkan di Kampung Petualangan dan Tunas Sriwijaya. "Di sini terdapat kegiatan olahraga air, dirgantara, orienteering games, survival, war games, dan roal and field. Ada juga kegiatan pioneering, semboyan dan isyarat, P3K, memahami peta dan kompas serta taksir ukur. Tidak ketinggalan juga kegiatan seni budaya dan wisata,” urai Kak Azrul.

Bagi Pramuka Penggalang, sebut Azrul, jambore adalah kegiatan rekreasi edukatif di alam terbuka dalam bentuk perkemahan besar. Azrul menegaskan, nilai-nilai dalam Dasa Darma Pramuka mewarnai jambore mulai dari ketakwaan kepada Tuhan, cinta alam, kemandirian, disiplin dan nasionalisme. ”Kegiatan yang disajikan merupakan life skill menghadapi era globalisasi,” katanya.
Sejak terbentuknya Gerakan Pramuka 50 tahun lalu, Jamnas di Ogan Komering Ilir merupakan Jambore yang ke-9. Jamnas 2011 ini sekaligus merupakan rangkaian peringatan Tahun Emas Gerakan Pramuka yang lahir pada 1961. Untuk diketahui, Jambore Nasional pertama diadakan di Cibubur, Jakarta Timur, pada 1973. Empat tahun kemudian berlangsung Jambore Nasional di Sibolangit, Sumatera Utara.

Tahun 1981, Jambore Nasional kembali digelar di Cibubur, begitu juga Jambore Nasional tahun 1986, 1991 dan 1996. Sementara Jamnas 2001 dihelat di Baturaden, Jawa Tengah, sedangkan Jamnas 2006 digelar di Jatinangor, Jawa Barat. Setiap kwartir cabang (organisasi pramuka tingkat kabupaten/kota) mengirimkan dua regu putra dan putri hasil seleksi.
logo
Kenalan Langsung Dengan Saya di Sosial Media.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Subscribe Our Newsletter

    Related Posts

    Buka Komentar
    Tutup Komentar

    Belum ada Komentar untuk "Jambore Nasional Ke-9 Gerakan Pramuka 2011"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel